PENGECUALIAN

Hal-hal yang tidak dijamin dalam pertanggungan adalah:

  1. Cedera atau penyakit yang ditimbulkan akibat seseorang secara aktif terlibat pada:
  • Perang, segala tindakan peperangan baik yang dinyatakan maupun tidak, Pengemban tugas militer, keikutsertaan secara langsung dalam huru-hara, pemogokan dan pergolakan sipil atau pemberontakan, teroris.
  • Tindakan kriminal/tindakan melanggar hukum.
  • Usaha bunuh diri atau cedera yang diakibatkan oleh kesengajaan sendiri.
  1. Produk bebas dengan atau tanpa resep dokter, termasuk: sabun mandi, tissue, pembalut, bedak, obat kumur, pasta gigi, sikat gigi, obat gosok (balsem, minyak angin, lotion/pelembab, cream), susu (terkecuali susu rendah laktosa untuk anak penderita diare yang di rawat inap), makanan bayi, tagihan telepon dan faks, laundry, obat-obatan yang dibeli di luar apotek serta vitamin dan food supplement yang secara medis tidak diperlukan dan tidak berhubungan dengan penyakitnya.
  1. Biaya pembelian alat-alat bantu kecuali penyewaan alat tersebut selama perawatan inap di Rumah Sakit.
  1. Prothesa, Hearing Aid, organ tubuh pada tindakan transplantasi termasuk sumsum tulang dan alat bantu lainnya yang tercantum didalam dokumen Polis yang berlaku.
  1. Perawatan dan Pengobatan serta segala akibat yang ditimbulkan pada penyakit-penyakit dibawah ini :
  • Penyakit infeksi pada organ genitalia (organ kelamin) yang diakibatkan oleh sebab apapun baik akibat hubungan sexual atau bukan akibat hubungan sexual, kecuali : fluor albus fisiologis.
  • HIV-AIDS , termasuk penyakit atau kondisi yang berkaitan HIV-AIDS
  • Penyalahgunaan obat, penggunaan alkohol, narkotik, obat bius dan sejenisnya.
  • Disfungsi sexual, micro penis, ejakulasi dini, impotensi, frigiditas, tindakan transgender.
  • Penyakit jiwa/penyakit mental lainnya, termasuk segala jenis Neurosis, Manifestasi dari gangguan kejiwaan atau Psikosomatis, segala jenis Psikosis, gangguan kepribadian, gangguan tidur.
  • Gangguan perkembangan dan pertumbuhan baik secara fisik maupun mental seperti Gangguan wicara, Autisme.
  • Kontaminasi radioaktif.
  • Sirkumsisi (sunat) yang dilakukan pada Peserta yang berusia di atas usia 5 tahun atau yang dilakukan pada Peserta yang berusia sampai dengan usia 5 tahun tanpa indikasi medis.
  • Tindik, Tattoo dan komplikasi yang ditimbulkan.
  • Hernia pada Peserta yang berusia sampai dengan usia 10 tahun
  • Obstructive Sleep Apnea (OSA)
  1. Perawatan dan pengobatan yang berhubungan dengan:
  •  Kesuburan (infertilitas), segala pengujian, perawatan untuk mendapatkan keturunan dan pengembalian kesuburan, misalnya: bayi tabung, hidrotubasi, termasuk pengobatan ke dokter obstetri dan ginekologi sub spesialis fertility dan endokrin (SpOG KFER) dan akibat-akibat yang ditimbulkan karena pengobatan-pengobatan tersebut diatas.
  • Kontrasepsi untuk pengaturan kehamilan secara mekanis atau kimiawi.
  • Sterilisasi baik itu kastrasi, tubektomi dan vasektomi.
  1. Fatique, lelah mata, lelah mental atau lelah fisik termasuk istirahat untuk pemulihan atau perawatan di Sanatorium dan pengobatan di Rumah Sakit Khusus.
  1. Perawatan dan pengobatan yang berhubungan dengan penyakit menular yang diharuskan oleh hukum (pemerintah) untuk diisolasi/ dikarantinakan dan wabah penyakit.
  1. Setiap perawatan atau pembedahan terhadap kelainan bawaan/cacat kongenital (penyakit atau penyakit yang dibawa sejak lahir), herediter (penyakit keturunan) serta komplikasi yang ditimbulkannya, antara lain: Atresia Ani, VSD, ASD, bibir sumbing, cacat tulang, debil, embicil, mongoloid, cretinism, thallasemia, haemophyllia, hydrocephalus, Penyakit ayan (epilepsi), dan Septum Deviasi.
  1. Perawatan dan pengobatan yang berhubungan dengan tujuan estetika termasuk pengobatan jaringan parut, bedah plastik kecuali bedah plastik rekonstruksi fungsional akibat kecelakaan yang terjadi dalam periode polis berjalan yang dijamin oleh penanggung, bedah/perawatan kosmetik, pembedahan mata dengan laser (metode lasik), perawatan khusus untuk pengurangan atau penambahan berat badan dan peningkatan tinggi badan, tindakan dan perawatan orthodontic.
  1. Setiap pemeriksaan kesehatan atau fisik secara rutin/berkala, terapi fisik, check-kesehatan atau pemeriksaan penunjang yang tidak berhubungan dengan pengobatan atau diagnosa kondisi yang dijamin atau pemeriksaan yang tidak diperlukan secara medis, tes dengan tujuan screening termasuk biaya pemeriksaan darah di Rumah Sakit, obat- obatan atau pemeriksaan preventif.
  1. Semua jenis imunisasi-vaksinasi.
  1. Perawatan atau Pengobatan yang bersifat eksperimental dan pelayanan kesehatan yang belum diakui sebagai pengobatan medis standar di bidang kedokteran (DEPKESRI) serta komplikasi yang ditimbulkan, antara lain: pijat, dukun, ramuan tradisional, jamu, akupuntur oleh sinshe, akupresur, terapi ozon, terapi hyperbaric, hydroterapi, chiropractic, dsa brainwash, mesotherapy, dan pengobatan lain yang sejenis.
  1. Cedera atau penyakit yang timbul sebagai akibat dari keikutsertaan dalam aktifitas berbahaya antara lain: panjat tebing, panjat gedung, mendaki gunung, berburu, terjun payung, bungee jumping, terbang layang, kegiatan-kegiatan bawah air yang memerlukan perlengkapan bernapas, berkuda, perlombaan kecepatan dengan menggunakan kendaraan bermesin seperti mobil, motor, gokart, perahu, serta keikutsertaan pada kejuaraan profesional dan keikutsertaan pada penerbangan non komersil/tidak berjadwal.
  1. Biaya pemberi jasa medis yang dikenakan oleh seseorang yang secara normal tinggal serumah dengan Peserta, keluarga dekat Peserta dan rekan sekerja dengan Peserta.
  1. Perawatan dan pengobatan yang dilakukan di klinik yang dikelola atau bekerjasama langsung atau memiliki hubungan langsung dengan Pemegang Polis atau dikelola atau bekerjasama langsung atau memiliki hubungan langsung dengan individu yang berkaitan langsung atau tidak langsung dengan Pemegang Polis.
  1. Pengobatan Rawat Jalan, kecuali jika Peserta terdaftar pada “Jaminan Rawat Jalan“.
  1. Pengobatan Rawat Gigi, kecuali jika Peserta terdaftar pada “Jaminan Rawat Gigi”.
  1. Persalinan, keguguran kandungan, pemeriksaan kehamilan dan pemeriksaan setelah persalinan termasuk segala komplikasi yang terjadi akibat persalinan, kecuali jika Peserta terdaftar pada “Jaminan Rawat Bersalin”.
  1. Kacamata dan Konsultasi Dokter yang disebabkan oleh ganggunan Refraksi mata, kecuali jika Peserta terdaftar pada “Jaminan Kacamata”.
  1. Biaya-biaya yang telah ditanggung Asuransi Tenaga Kerja, Organisasi Jaminan Sosial/JAMSOSTEK/ASKES atau perusahaan asuransi lain berlaku COB.